Tips Membeli Barang Secara Online

Published Januari 7, 2014 by A M A L I A

Penipuan dalam dunia bisnis internet sangat merajalela, untuk itu kita memerlukan kehati-hatian dalam membeli barang secara online agar tidak tertipu, berikut adalah tips dalam membeli barang secara online:

1.Kenali situs dan tata cara pembelian.

Sebelum melakukan pembelian ada baiknya jangan terpukau oleh barang yang dijual terlebih dahulu. Sama seperti membeli offline, konsumen sebaiknya teliti atas barang yang dijual ataupun dari situs yang menyediakan barang dagangan tersebut.

 2. Cek rating serta kualitas penjual. 

Kalau ada membali di forum, misalnya Kaskus, ada yang namanya cendol, testimoni dan beberapa fitur lain yang bisa digunakan untuk melihat seperti apa rating serta kualitas penjual di situs jualan tersebut. Jika situs jualan yang ada memberikan kolom komentar, cek juga komentar yang ada. Anda juga bisa meng-Googling dengan kata kunci tertentu jika masih belum yakin dengan toko online tersebut.

3. Jangan tergiur harga murah. 

Ada kalanya penipuan di toko online bermula dari ketertarikan konsumen atas harga murah yang ditawarkan, namun sebaiknya Anda jangan cepat tergiur dengan selisih harga pasaran dengan harga yang dijual. Cek lebih teliti, siapa tahu barang yang dijual bukan asli atau penjual tersebut memang berniat kurang baik.

4. Gunakan fasilitas pembayaran resmi.

Baik di forum atau situs khusus jual beli online kini sudah cukup populer sarana pembayaran, baik yang semi resmi atau yang resmi. Di Kaskus lebih dikenal dengan RekBer atau rekening bersama dan di layanan lain dikenal dengan nama escrow. Intinya sama, menjadi perantara agar resiko penipuan atas pembayaran dan penerimaan barang dapat dikurangi. Dengan menggunakan sarana pembayaran ini penjual akan mendapatkan uang setelah barang terkirim dan diterima, pembeli sendiri terhindar dari resiko ditipu karena barang tidak kunjung datang padahal pembayaran telah dilakukan.

Selain itu ada toko online yang menggunakan pembayaran menggunakan kartu kredit atau transfer bank. Pastikan Anda mengerti dengan jelas prosesnya, karena meski jarang, ada kalanya cara pembayaran anatara satu toko dengan yang lain berbeda.

 5. Cash in Delivery atau Cash and Carry

Proses ini memang menbuat belanja online tidak lagi otomatis, dan membuatuhkan proses online. Namun ditengah pertumbuhan industri ecommerce kita yang masih bertumbuh, metode ini masih bisa menjadi pilihan, terutama jika membeli barang di penjual pribadi atau forum serta marketplace yang tidak menyediakan layanan terintegrasi dari pembayaran sampai pengiriman. Ada barang – ada uang. Anda bisa teliti barang sebelum membeli. Biasanya ini juga berlaku untuk barang bekas atau second.

 6. Cek fasilitas toko

Layaknya penjualan barang di offline, layanan CS atau customer service sudah selayaknya dimilik oleh para penjual. Cek dulu toko online yang bersangkutan apakah memiliki sarana ini, baik lewat YM, Twitter atau layanan chat lain, termasuk nomor kontak telepon dan email.

7. Gunakan jasa kirim paket yang terpercaya. 

Proses pengiriman juga sangat penting. Gunakan jasa kirim yang telah terpercaya dan menyediakan jasa tracking pengiriman. Jadi Anda bisa melakukan cek apakah barang sudah dikirim atau belum oleh penjual.

8. Pastikan koneksi internet Anda stabil.

Belanja online tentu menggunakan internet sebagai sarana untuk terkoneksi. Pastikan pulsa/paket Anda berjalan lancar, sehingga ketika proses melihat-lihat barang, proses pemesanan atau ketika menghubungi layanan konsumen dari toko tertentu tidak terputus ditengah jalan. Apalagi jika Anda melakukan pembelian melalui perangkat bergerak, pastikan pulsa Anda mencukupi. Jika perlu, gunakan aplikasi pengingat pulsa seperti BimaTri yang memudahkan anda dalam menjelajah internet.

9. Cek produk dengan seksama. 

Anda bisa juga melakukan pencarian atas produk yang akan Anda beli untuk memastikan barang tersebut sesuai dengan yang Anda harapkan. Ini bisa jadi berlaku untuk toko online yang baru Anda kunjungi atau penjual baru yang bukan langganan Anda. Pastikan harga yang dijual juga sesuai dengan harga pasaran, detail produk dan keterangan produk asli.

10. Simpan bukti pembayaran. 

Sebaiknya catat semua proses pembelian dan pembayaran secara baik. Anda bisa menyimpannya di ponsel atau file komputer Anda. Sampai produk diterima tentunya bukti ini sering kali masih diperlukan. Bahkan terkadang sampai barang tersebut Anda coba. Jadi simpan dengan baik, siapa tahu nanti diperlukan.

sumber:

http://www.trenologi.com/201301169007/tips-membeli-barang-online/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: