Contoh Kasus Bisnis Yang Tidak Beretika

Published Desember 3, 2013 by A M A L I A

Nama : Rizki Amalia Febriani
NPM : 16210120
Kelas : 4EA01
Tugas 2 Mata Kuliah Etika Bisnis

Contoh Kasus 1:

Banyak sekali  penjual parsel yang berisi buah-buahan atau kue-kue tertentu yang menjual barangnya kepada konsumen tanpa melihat dan mengecek kondisi barang yang ada dalam parsel tersebut. Ada saja terjadi barang dalam parsel yang sudah jadi seperti kue-kue yang ternyata sudah kadaluarsa tetap saja di masukkan dalam parsel tersebut, buah-buahan yang busuk tetapi yang diperlihatkan di parsel hanya bagian yang masih bagusnya saja, sedangkan bagian yang busuk disembunyikan didalamnya agar tidak kelihatan oleh pembeli. Bisnis tersebut termasuk bisnis yang tidak beretika. Penjual melakukan seperti itu entah disengaja ataupun tidak disengaja, bagi penjual yang beretika dia akan meneliti terlebih dahulu apakah barang yang dijualnya bagus atau masih layak dijualkah atau tidak, barang yang tidak bagus atau tidak layak tersebut seharunya dibuang agar tidak membahayakan pembeli, tetapi bagi penujual yang tidak beretika dia tetap menjual barang yang sudah tidak bagus dan tidak layak itu kepada pembeli dengan berbagai cara.

 

Komentar Penulis:

Sebagai  penjual harus lebih memperhatikan barang yang dijualnya demi keselamatan pembeli, dan untuk pembeli harus memperhatikan barang-barang yang dibelinya, cek terlebih dahulu tanggal kadaluarsanya agar tidak merasa dirugikan setelah membeli barang tersebut.

Saya bersama kaka saya punya pengalaman ketika saya pergi liburan ke salah satu negara, sebut saja x. setibanya di airport saya kehausan dan ingin membeli minuman serta snack untuk dimakan, tetapi kaka saya mengambil satu snack yang ternyata saya cek tanggal kadaluarsanya sudah lewat, saya heran mengapa makanan kadaluarsa masih saja dijual, padahal itu dikawasan airport yang notabenenya banyak sekali turis-turis yang membeli makanan disana. Saya tidak tau apakah penjual tidak memperhatikan tanggal kadaluarsanya atau memang sengaja masih dijual, yang jelas banyak sekali snack serupa disana yang kadaluarsanya sudah lewat. Untuk teman-teman dalam membeli makanan diluar negeri ataupun dalam negeri harap diteliti terlebih dahulu tanggal kadaluarsa, kondisi barang, dan layak tidaknya barang tersebut ya😉

Sumber: http://wihdaastuti.blogspot.com/2012/10/contoh-kasus-dalam-bisnis-yang-kurang.html

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: