Tulisan tentang Pengaruh Keluarga dan Rumah Tangga dalam Perilaku Konsumen

Published November 12, 2012 by A M A L I A

Keluarga dan Rumah Tangga merupakan daya pengaruh paling kuat dalam mempengaruhi keputusan pembelian konsumen. Sebagai contoh didalam Rumah Tanggga, seorang ayah dan anak pertamanya memakai handphone Blackberry, anak kedua dan Ibunya ikut terpengaruh membeli handphone Blackberry juga dikarenakan agar berkomunikasi dengan keluarga lebih mudah dan tidak memakai pulsa lagi, hanya dengan memakai fitur Blackberry Messenger semua anggota keluarganya dapat mengobrol sepuasnya melalui text, dapat mengirim gambar atau lagu secara cepat dan mudah.

Contoh dalam keluarga yaitu saat lebaran, semua keluarga berkumpul dan ingin berjalan-jalan atau rekreasi ke suatu tempat, maka dari itu mereka pergi ke tempat untuk memenuhi keinginan keluarganya tersebut, melihat baju yang lucu dan dikhususkan untuk keluarga, maka konsumen membeli baju tersebut agar serupa atau seragam dengan anggota keluarga lain dengan alasan mengikat tali persaudaraan antar keluarga dan kekompakkan dalam keluarga.

Contoh lain dari pengaruh rumah tangga adalah, seorang kakak senang terhadap drama-drama korea, melihat kakanya itu selalu menonton drama korea dirumah, maka si adik ikut-ikutan menyukai drama korea tersebut dan secara tidak langsung memberikan pengaruh psikis kepada adik. Karena si adik telah ketularan akan drama korea, si adik mulai tiap minggu membeli drama-drama korea terbaru agar dapat menonton bersama kakaknya dirumah.

Demikianlah contoh dari pengaruh keluarga dan rumah tangga dalam perilaku konsumen.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: