Pembelian

Published Oktober 29, 2012 by A M A L I A

Faktor-faktor yang mempengaruhi pembelian :

1. Pengalaman :

     a. sikap dan kepercayaan

         Seorang konsumen akan membeli barang sesuai dengan kepercayaan yang ada pada individu tersebut terhadap barang yang dibelinya, apakah kualitasnya bagus, harganya mahal, banyak testimoni yang mengatakan barang atau jasa itu bagus atau tidak. dari sikap dan kepercayaan itulah para konsumen memutuskan untuk membeli atau tidak barang atau jasa tersebut.

     b. Konsep diri

         Kebudayaan :

Menurut Edward Burnett Tylor, kebudayaan merupakan keseluruhan yang kompleks, yang di dalamnya terkandung pengetahuan, kepercayaan, kesenian, moral, hukum, adat istiadat, dan kemampuan-kemampuan lain yang didapat seseorang sebagai anggota masyarakat.

         Kelas Sosial merupakan salah satu bentuk stratifikasi yang membedakan tingkatan dari yang rendah sampai yang tinggi. Dalam pembelian, kelas sosial pun mempengaruhi pembelian barang atau jasa , contohnya adalah kelompok ibu-ibu arisan. Dalam pertemuan arisan tersebut para ibu-ibu biasanya bercerita tentang barang yang bagus ataupun tempat yang bagus untuk membeli barang, teman-teman atau ibu-ibu yang berada disana dan saling bertukar cerita akhirnya menimbulkan perasaan ibu-ibu untuk membeli barang yang sama agar terlihat lebih baik dari ibu-ibu yang lain.

2) Kelompok referensi

    Kelompok referensi disebut juga sebagai acuan.Kelompok referensi merupakan sekelompok orang yang secara nyata mempengaruhi perilaku seorang secara langsung atau tidak langsung.Kelompok referensi ini berguna sebagai referensi seseorang dalam pengambilan keputusandan sebagai dasar pembandingan bagi seseorang dalam membentuk nilai dan sikap umum / khusus atau pedoman khusus bagi perilaku.

 

Peran Pembelian dalam perusahaan:

  • Dari sudut pandang bisnis perusahaan

         a. salah satu fungsi penting dalam bisnis

         b. salah satu elemen pokok mendukung produksi

         c. salah satu bagian yang bertanggung jawab untuk pembuatan barang diluar

 

  • Dari sudut pandang strategi perusahan

        a. Sebagai profit center

        b. sebagai fungsi strategis perusahaan

sumber:

http://sulaimantap.wordpress.com/2011/01/06/proses-pembelian/

http://titayulianita.wordpress.com/2011/07/05/bab-8-pengertian-kelompok-referensi/

https://docs.google.com/viewer?a=v&q=cache:NfWox3srcJgJ:www.lkpp.go.id/v2/files/content/file/simposium6/Profesionalisasi%2520Ahli%2520Pengadaan.pdf+pembelian&hl=id&gl=id&pid=bl&srcid=ADGEESjNZx1kqu2emcIsVTmZu2I4dBahgPeumrMMyeEnoFPuRHRM9f1SIZH0XyQy_tOdzdUv37MKhHfup7BPUemHu_o2kimzsxuvJW_uHkA-N6bBHvFx5dujA333TaEbAt6dsWMFzAP1&sig=AHIEtbTUmPSPki-Bw96AXyyrbYjN2hKHGQ

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: