Tulisan Pengaruh Kebudayaan terhadap Pembelian dan Konsumsi

Published Oktober 3, 2012 by A M A L I A

Budaya adalah nilai yang sudah tertanam dalam masyarakat dari puluhan, ratusan, bahkan ribuan tahun lalu. Kata kebudayaan merupakan bahasa sanksekerta, yang terdiri dari budh / budhi/ budhaya yang artinya akal, sehingga kebudayaan mempunyai arti hasil dari pemikiran atau akal manusia.

Banyak sekali budaya yang tersebar di Indonesia, seperti sekarang yang sedang melanda Indonesia adalah pengaruh adanya budaya Korea. Mulai dari drama korea, boyband, cara berpakaian, gaya hidup serta makanan khas korea. Banyak sekali remaja baik putra maupun putri yang menggandrungi apapun yang berbau korea, sehingga mereka membeli pakaian / kaset korea /merchandise lain all about korea.

Karena banyak sekali minat dari masyarakat tentang korea, maka artis atau penyanyi korea pun datang ke Indonesia untuk melakukan konser / fanmeeting/ pun yang lainnya, dan tiket tersebut habis terjual. melihat hal tersebut banyak EO (Even Organizer) yang berlomba-lomba membawa  artis/ penyanyi korea untuk mengadakan konser/fanmeeting/yang lainnya, ini merupakan suatu peluang bagi EO untuk mendapatkan laba dari penjualan tiket tersebut, dan bagi para penggemar korea ini pun merupakan suatu peluang untuk bisa bertemu langsung dengan idolanya dengan membeli tiket yang dijual oleh penyelenggara acara.

Selain adanya konser, penjualan baju-baju atau merchandise lain yang berbau korea sangat laris di Indonesia, banyak sekali online shop yang menjual merchandise korea dengan bermacam-macam harga. Konsumen yang menyukai korea akan membeli barang tersebut dan mengkonsumsinya. seperti makanan korea tteokbokki, sudah banyak yang menjual makanan tersebut dan banyak dikonsumsi oleh masyarakat terutama yang suka tentang korea.

Itu merupakan salah satu penjelasan tentang pengaruh kebudayaan terhadap pembelian dan konsumsi masyarakat

referensi:

http://kojingtechnolog.wordpress.com/2011/09/04/pengertian-kebudayaan/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: