Proses Pengambilan Keputusan Oleh Konsumen

Published Oktober 3, 2012 by A M A L I A

Setiap manusia selalu ingin memenuhi kebutuhan hidupnya, tetapi manusia berhadapan dengan bagaimana cara untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Baik itu kebutuhan sandang, pangan, atapun papan. Kebanyakan orang dalam membeli barang didasarkan atas keinginan bukan kebutuhan, di dalam membeli suatu barang konsumen mengalami proses pengambilan keputusan, yaitu:

1. Pengenalan Kebutuhan

Konsumen yang baik adalah konsumen yang dalam memenuhi kebutuhannya mengenal terlebih dahulu kebutuhan apa saja yang ia butuhkan untuk dipenuhi, apa saja, berapa banyak yang dibutuhkan agar kebutuhan tersebut terpenuhi dengan baik

2. Pencarian Informasi

Tahap selanjutnya adalah pencarian informasi, merk apa yang ingin dibeli jika itu berupa barang, berapa harganya, dijual dimana, dan lain-lain agar mudah mendapatkan kebutuhan yang diinginkan.

3. Evaluasi Berbagai Informasi/ alternatif

Setelah konsumen mencari informasi tentang barang atau kebutuhan tersebut, konsumen mengevaluasikan berbagai informasi, seperti bertanya dengan konsumen lain yang telah memakai barang tersebut, bagus atau tidak, apa efeknya, dan lain-lain

Konsumenpun mencari alternatif lain untuk mendapatkan barang tersebut, maksudnya adalah jika produk yang diinginkannya harganya mahal maka ia mencari produk seperti itu tetapi berbeda merk atau model barang yang sama tetapi dengan harga yang mungkin bisa dijangkau oleh konsumen.

4. Keputusan Pembelian

Tahap selanjutnya adalah keputusan pembelian, setelah konsumen mencari berbagai informasi tentang barang/produk/ kebutuhan yang akan ia penuhinya itu sudah dipahami, jika berdampak positif konsumen akan membelinya dan jika berdampak negatif konsumen tidak akan membeli produk/barang tersebut.

5. Keputusan Setelah Pembelian / evaluasi pasca akuisisi

Tahap terakhir yaitu keputusan setelah pembelian, konsumen sudah membeli produk atau barang itu, hasil dari pembelian produk tersebut apakah memuaskan atau tidak tergantung dari konsumen. jika konsumen puas akan barang tersebut kemungkinan konsumen akan membeli produk atau barang itu kembali dimasa yang akan datang, tetapi jika produk tersebut tidak memuaskan maka konsumen tidak akan membeli kembali produk tersebut

Referensi :

http://www.anneahira.com/pengambilan-keputusan-konsumen.htm

http://kikinurmala.blogspot.com/2010/01/proses-pengambilan-keputusan-perilaku.html

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: