Pancasila sebagai ideologi gado-gado

Published November 24, 2011 by A M A L I A

PENDIDIKAN PANCASILA

  1. Ada pandangan yang mengatakan bahwa lahirnya Pancasila diilhami gagasan-gagasan besar dunia dan pengalaman bangsa-bangsa lain. Dan ada yang mengatakan bahwa pancasila berakar pada kepribadian bangsa Indonesia sendiri. Apakah dari dua pernyataan tersebut tidak saling bertentangan?, dan apakah memang Pancasila sebagai ideologi gado-gado?

 

Jawab:

Ya, dua dari pernyataan tersebut saling bertentangan, menurut saya jawaban yang benar adalah Pancasila berakar pada kepribadian bangsa Indonesia itu sendiri. Pancasila diambil dari kepribadian bangsa Indonesia,  maksudnya adalah tingkah laku, sikap, cita-cita, dan pandangan hidup bangsa Indonesia sudah ada dalam kehidupan sehari-hari sebelum Pancasila dirumuskan dalam kehidupan masyarakat beradat istiadat, budaya serta dalam agama . Pancasila dibentuk dari kepribadian bangsa dan juga sebagai pandangan hidup bangsa Indonesia, karena dengan adanya suatu pandangan hidup, bangsa Indonesia memiliki pegangan dan pedoman bagaimana memecahkan berbagai persoalan seperti politik, sosial budaya, ekonomi, hukum, dan persoalan lainnya. Dalam pandangan hidup ini pula terdapat konsep dasar mengenai kehidupan yang dicita-citakan oleh sesuatu bangsa, pikiran-pikiran yang mendalam dan gagasan sesuatu bangsa mengenai wujud kehidupan yang dianggap baik. Pada akhirnya, pandangan hidup sesuatu bangsa berasa dari nilai-nilai yang dimiliki oleh bangsa itu sendiri, yang diyakini kebenarannya dan menimbulkan tekad pada bangsa itu untuk mewujudkannya. Bangsa Indonesia sudah mengalami banyak peristiwa salah satunya penjajahan Belanda dan Jepang, bangsa Indonesia berjuang demi kemerdekaan sampai mengorbankan harta, keluarga, bahkan nyawa mereka. Bila disebutkan bahwa Pancasila diilhami gagasan besar dunia dan pengalaman bangsa lain tentu saja salah, karena itu berarti pancasila hanya melihat pengalaman dari bangsa lain tanpa melihat keinginan dan cita-cita Bangsa Indonesia yaitu kemerdekaan yang telah diperjuangkan oleh Bangsa Indonesia, tentu itu bukan ciri khas kepribadian bangsa Indonesia, contohnya dalam bidang pergaulan, pergaulan di negara barat berbeda dengan bangsa Indonesia, di negara barat berciuman di jalanpun tak apa, tapi di Indonesia itu merupakan penyimpangan norma yaitu norma kesopanan, jika bangsa Indonesia melihat atau mengambil dari ideologi bangsa lain tanpa menyesuaikannya dengan pandangan hidup dan kebutuhan-keutuhan bangsa kita sendiri maka yang akan terjadi adalah pergolakan bahkan perpecahan. Karena itulah pandangan hidup suatu bangsa merupakan masalah yang sangat mendasar bagi kekokohan dan kelestarian sesuatu bangsa.

Salah satu sikap yang merupakan kepribadian bangsa Indonesia yaitu walaupun Indonesia termasuk bangsa yang majemuk yang terdiri dari berbagai suku seperti suku jawa, sunda, batak, dan lain-lain, tapi tetap memupuk rasa solidaritas dan toleransi yang tinggi agar persatuan tetap terjaga. Namun ada pula dalam kehidupan politik dan ketatanegaraan Indonesia, para penguasa melakukan penyimpangan untuk kepentingannya sendiri tanpa melihat kepentingan masyarakat selama masa kekuasaannya berlangsung. Maka dari itu dibuatlah undang-undang untuk menjabarkan pandangan pancasila, aturan, dan sanksi bagi Bangsa Indonesia bila melakukan penyimpangan dari pandangan tersebut, hidup manusia akan mencapai kebahagiaan jika ada keselarasan dan keseimbangan, baik dalam hidup manusia sebagai pribadi, dalam hubungan manusia dengan Tuhannya, dalam hubungan manusia dengan masyarakat, dalam hubungan manusia dengan alam, ,maupun dalam mengejar kemajuan lahiriah dan kebahagiaan rohaniah.

Oleh karena itu kita harus memahami, menghayati dan mengamalkan Pancasila dalam segala segi kehidupan. Tanpa ini maka Pancasila hanya akan menjadi rangkaian kata-kata indah yang tertulis dalam Pembukaan UUD 1945, yang merupakan perumusan yang sia-sia, serta tidak mempunyai arti bagi kehidupan bangsa kita.

 

Pancasila bukan sebagai ideologi gado-gado, pancasila merupakan ideologi yang dibentuk dan mencerminkan kepribadian bangsa Indonesia, bukan bangsa lain. Jadi salah jika mengatakan pancasila merupakan ideologi gado-gado.

One comment on “Pancasila sebagai ideologi gado-gado

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: