Membaca Peluang Pasar dilingkungan tempat tinggal

Published September 26, 2011 by A M A L I A

NAMA            :  RIZKI AMALIA FEBRIANI

NPM               :  16210120

KELAS           :  2EA01

MEMBACA PELUANG PASAR

Analisis

Saya tinggal di sebuah komplek yang dekat sekali dengan sebuah universitas negeri  yang bernama Universitas Negeri Tirtayasa. Banyak sekali mahasiswa yang setiap tahunnya masuk ke universitas tersebut, untuk kelancaran aktivitas mereka, mereka mencari kos-kosan disekitar kampus tersebut.

 

Peluang Pasar

Saya melihat ada peluang pasar, yaitu membuka kos-kosan. Di karenakan rumah saya banyak kamar, akhirnya saya memutuskan untuk menyewakannya kepada mahasiswi (di kostkan). Saya memilih mahasiswi karena lebih rapih dan bersih dari pada mahasiswa yang suka merokok dan lainnya. Untuk menarik perhatian mahasiswi melihat kos-kosan saya, saya mempromosikannya dengan cara menempelkan brosur di dekat kampus dengan menulis fasilitas yang tersedia di kosan saya, yaitu ada tempat tidur spring bed, lemari pakaian, tv, kamar mandi, dan kipas angin. Dengan begitu para mahasiswa akan datang melihatnya dan bila tertarik akan menyewa (mengekost) di rumah saya. Selain dengan brosur, saya mempromosikan kostan saya lewat orang lain, saya  akan memberikan tip kepada orang tersebut yang membawa mahasiswi yang mengekost di rumah saya. Kostan saya dibayar pertahun, serta biaya-biaya seperti listrik, air dan lain-lain sudah saya gabungkan dengan harga kamar kostan agar tidak repot menagih biaya kostan tiap bulannya.

Karena kostan dirumah saya ada lebih dari 8 orang, saya melihat ada peluang pasar lagi, saya berinisiatif untuk membuka tempat isi pulsa, selain mahasiswi di kostan rumah saya yang akan membeli pulsanya, ada mahasiswa-mahasiswi lain yang akan mengisi pulsa di rumah saya. Selain membuka tempat pulsa, saya akan membuka kantin untuk mahasiswa-mahasiswi makan dengan harga yang terjangkau, dengan begitu keuntungan akan bertambah dan mahasiswa-mahasiswi akan terpenuhi kebutuhan pulsa dan makan mereka karena dekat dengan kostan mereka.

 

Demikianlah saya membaca peluang pasar yang ada disekitar tempat tinggal saya.

Tinggalkan Balasan

